SMK Negeri 1 Karimunjawa

Jl. Ahmad Yani No. 1 Karimunjawa 59455

.

Tradisi Barikan Karimunjawa

Rabu, 19 September 2018 ~ Oleh admin ~ Dilihat 2574 Kali

Tradisi Barikan di Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara memiliki arti tersendiri bagi warga Desa Karimunjawa khususnya, menurut mereka tradisi barikan karimunjawa adalah sebagai bentuk wujud syukur dan berbagi kepada sesama makluk ciptaan Tuhan yang ada di laut karimunjawa. Untuk itu, tumpengnya tidak hanya hasil bumi, nah beda kan dengan tradisi barikan di tempat-tempat lainnya, warga Karimunjawa tidak hanya menggantungkan hidupnya dari hasil bumi, tetapi juga dari laut. Warga di kepulauan karimunjawa meyakini, makanan yang berada di tumpeng yang mereka arak, seperti hasil bumi dan laut, bisa membawa berkah bagi siapa saja yang mendapatkannya. Namun, yang paling jadi rebutan warga adalah kacang hijau dan garam yang ada di puncak tumpeng. “Garam dan kacang hijaunya nanti disebar keliling rumah untuk tolak balak. Selain wujud syukur, Barikan kali ini dimaksudkan untuk menyambut datangnya musim baratan.

Perayaan ini digelar supaya seluruh masyarakat Karimunjawa di berikan rejeki yang melimpah dan keselamatan selama musim baratan, Kalau musim baratan ombak besar dan angin kencang. Lewat barikan ini diharapkan warga Karimunjawa selalu diberi keselamatan dan limpahan rezeki. Serta dengan diadakannya acara Barikan ini agat kebudayaan masyarakat Desa Karimunjawa ini dapat menjadi alternatif andalan pariwisata Karimunjawa. Karena, hingga saat ini industri pariwisata Karimunjawa masih mengandalakan keindahan alam. Wisata budaya hingga kini belum tergarap maksimal. Harapan kami untuk acara kedepan bisa lebih dikembangkan, dengan adanya tradisi seperti ini juga bisa menjaga kerukunan masyarakat juga menunjang sektor pariwisata.

SMK Negeri Karimunjawa juga turut ambil bagian dalam  acara digelar sekali setahun tersebut, anatara lain :

  1. Hampir semua siswi SMK N 1 Karimunjawa terlibat dalam tari Minorogo, yaitu tari yang bertemakan nelayan mendapatkan hasil yang melimpah dan disambut oleh keluarganya.
  2. Pentas Seni yang menampilkan kesenian-kesenian lokal Karimunjawa.
  3. Pembuatan karya seni rupa, batik, film dan lain-lain.

 

 

Barikan Kubro Minorogo Tarian Smk Karimunjawa Sedekah Laut Karimunjawa

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sugiyanto, S.Pd, S.ST, M.Pd

Selamat Datang di website SMK Negeri 1 Karimunjawa   Assalamu'alaikum.Wr.Wb Didasari atas perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, maka…

Selengkapnya