SMK Negeri 1 Karimunjawa

Jl. Ahmad Yani No. 1 Karimunjawa 59455

.

Ujian Semester Ganjil TP 2019/2020 Sekarang Berbasis Paperless

Senin, 16 Desember 2019 ~ Oleh admin ~ Dilihat 789 Kali

Ada yang lain dalam pelaksanaan Ujian Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, penggunaan gadget (HP dan Tablet) yang biasanya dilarang masuk ke ruang kelas, kali ini malah wajib dibawa. Ya, karena mulai tahun pelajaran  ini SMK Negeri 1 Karimunjawa mulai menerapkan kebijakan ujian tanpa kertas (paperless) sebagaimana telah diberlakukan sebelumnya pada Ujian Nasional. Ujian Paperless ini tentunya didasari oleh semakin banyaknya siswa yang sudah memiliki handphone berbasis sistem operasi android, bahkan dari 156 keseluruhan jumlah siswa, terdapat hanya 3 siswa yang belum mempunyai.

Dalam teknis pelaksanaannya, dengan memanfaatkan jaringan wifi lokal, para siswa akan memilih mata pelajaran yang akan diujikan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pada tampilan utama dilayar HP, selanjutnya siswa memasukkan username dan password yang sudah tertera pada masing-masing kartu ujian yang dibawanya. Setelah sukses login maka siswa bisa memulai mengerjakan ujian lewat HP yang dibawanya.

Sebelum pelaksanaan ujian berbasis paperless ini, telah dilakukan serangkaian simulasi untuk memastikan bahwa ujian akan sukses dan lancer. Kendala utama yang dihadapi adalah bagaimana menyakinkan siswa untuk tidak grogi/panik ketika mau akses ke jaringan karena para siswa masih ragu bahwa nantinya ujian yang telah dikerjakan akan tersimpan atau tidak dalam system penilaian komputer server. Selain teknis ujian, peralatan penunjang juga mesti selalu siap, antisipasi jika lampu mati, menyediakan terminal untuk charge HP siswa, penambahan jumlah titik-titik wifi. 

Dengan kebijakan ini tentunya pihak sekolah berharap bahwa penggunaan gadget di lingkungan sekolah tidak terbatas pada saat Ujian Sekolah, kedepannya akan dimanfaatkan lebih optimal sebagai media pembelajaran, sehingga nantinya semua semua materi pembelajaran yang bersifat teks, audio maupun video bisa dibagikan ke HP para siswa secara gratis menggunakan jaringan yang bersifat lokal.  Juga system ujian paperless ini sangat membantu bagi para bapak/ibu guru untuk mengorganisasi pembelajaran para siswa karena dalam system ini terdapat system penilian otomatis yang praktis.

SMK Negeri 1 Karimunjawa Bisa

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sugiyanto, S.Pd, S.ST, M.Pd

Selamat Datang di website SMK Negeri 1 Karimunjawa   Assalamu'alaikum.Wr.Wb Didasari atas perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, maka…

Selengkapnya